YES! Sebuah Kampanye Sekaligus Kompetisi yang Membahas E-Sport dari Sisi Lain
Sesi diskusi bersama Mbah Dojo selaku Founder DOJO (kedua dari kiri), Simson selaku Ketua IeSPA DIY (kedua dari kanan), dan Male selaku Creative Director ESSE (paling kanan) (Foto: Rieka) |
Sebuah kampanye
sekaligus kompetisi e-sport bertajuk
Yogyakarta E-Sport & Sharing atau YES! telah diselenggarakan di Hartono
Mall Yogyakarta (4/5). Tidak hanya merebutkan juara dalam permainan Mobile
Legend, acara ini juga membahas permainan online
dari sisi bisnis, organisasi, dan proplayer.
Sebanyak 11 tim yang berhasil masuk final mengikuti diskusi bersama 3
narasumber yang berasal dari Dolanan Jogja (Dojo), IeSPA Provinsi DIY, dan Creative Director ESSE.
“Kami ingin
memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa permainan online tidak melulu merujuk pada hal negatif. Untuk itu kami
membahas permainan online dari
berbagai sisi,” ujar Prehapsari selaku ketua panitia.
Saat ini dunia e-sport menjadi salah satu sektor olahraga
yang dilirik banyak pihak. Hal ini dibuktikan dengan masuknya cabang olahraga e-sport pada kompetisi berkancah
internasional, seperti Asian Games. Salah satu pemenang dari kompetisi ini,
Abdi Khairil berpendapat bahwa, dunia olahraga elektronik saat ini memiliki
prospek yang cukup baik, “e-sport
saat ini sudah didukung pemerintah. Bahkan, sudah banyak anak muda di Jogja
mengikuti kompetisi di tingkat nasional.”
Contoh lain dari
kemajuan olahraga elektronik ini, terbukti dengan didirikannya Indonesia
e-Sports Association (IeSPA), sebuah institusi yang menaungi e-sport. Menurut Simson, Ketua IeSPA Jogja, dukungan
pemerintah melalui DISPORA pada perkembangan olahraga elektronik, diwujudkan
dengan mengadakan kompetisi di tiap daerah untuk mendapatkan kandidat yang akan
diikutsertakan pada kompetisi di tingkat lebih tinggi.
Sedangkan dari segi
bisnis, kehadiran ESSE sebagai salah satu event
organizer yang menyelenggarakan berbagai acara olahraga elektronik, membuktikan
peran e-sport dalam segi ekonomi.
Begitu juga dengan Dolanan Jogja, tempat berkumpulnya para pemain game online berprestasi. Di sana, mereka dapat terus mempertahankan eksistensinya dalam dunia e-sport. (Rieka Yusuf)
Editor: Ganisha Puspitasari
Tulis Komentarmu