Header Ads

Tingkatkan Kemampuan Freelancing, AIESEC In UPNVY Gelar AFL 5.0

 


Keseruan kegiatan AIESEC Future Leaders (AFL) 5.0 “Build Your Future Through Freelance Mastery”. (Sumber: AIESEC In UPNVY)

Yogyakarta, SIKAP - Pelatihan freelance bertajuk AIESEC Future Leaders (AFL) 5.0 “Build Your Future Through Freelance Mastery” yang dilangsungkan selama tiga bulan telah mencapai penghujung agenda. Pelatihan ini tidak serta merta berfokus pada masalah freelance, tetapi juga menjadi wadah bagi pemuda di Yogyakarta dalam melatih kemampuan soft skills maupun hard skills yang berkaitan dengan tema dari AFL 5.0 yaitu freelancing.

Kegiatan AFL 5.0 ini sendiri dilaksanakan secara hybrid yang telah berlangsung kurang lebih 3 bulan, dimana tiap bulannya memiliki fokus pelatihan yang berbeda-beda. Adapun pelatihan dibulan pertama difokuskan pada pengembangan soft skills dengan tema “Foundations of Financial Literacy & Skill Mastery

Pada kegiatan tersebut,  dilaksanakan dua sesi pelatihan, yaitu “Unveiling the Freelance Canvasdengan pembicara Della Defriza yang merupakan seorang Education Content Creator and Content Writer. Kemudian, sesi setelahnya yakniLet’s Build Our Resilience”, dibawakan oleh pembicara Irfan Akbar wildani yang merupakan Founder Sahabat Cuan Indonesia.

Memasuki bulan kedua, pelatihan mulai berfokus dalam pengembangan hard skills. Pada bulan ini tema yang diangkat adalah “Freelance Leadership: Empowerment in Skills”. Sama seperti sebelumnya, terdapat pula dua sesi di bulan kedua ini dengan speaker yang tidak kalah menarik. 

Sesi pertamanya, mengangkat judul “Crafting Your Freelance Toolkityang dibawakan oleh Devin Gilbert Ritonga sebagai speaker. Lalu, untuk sesi keduanya mengangkat judul “Skill mastery: Let's boost your skill” dengan pembicara Fredrich Immanuel.

Sementara itu, bulan ketiga lebih difokuskan pada penerapan atau implementasi dari sesi pelatihan soft skills dan hard skills di bulan pertama dan kedua, atau yang dikenal dengan Special Track. 

Pada bulan ketiga ini terdapat tiga sesi, yaitu Checkpoint 1: This is My Path, Checkpoint 2: Our Project Journey, dan sesi terakhir yaitu Bi Weekly 5: “Project Pitch Day!” dimana dalam sesi ini para delegates yang tergabung dalam kelompok melakukan presentasi mengenai tugas proyek yang telah diberikan. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan secara online

Selain agenda online, terdapat juga agenda offline, yaitu Induction, LC2LC, dan Debrief.  Induction merupakan agenda pertama AFL 5.0 yang dilaksanakan secara offline untuk menyambut para delegates

Kemudian, di agenda LC2LC, delegates dari AIESEC in UPN “Veteran” Yogyakarta akan bertemu dengan delegates dari AIESEC in Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk melakukan kegiatan bersama. Terakhir, Debrief merupakan sesi terakhir sekaligus penutup dari rangkaian AFL 5.0 yang dilangsungkan pada Sabtu (27/7/2024). (Ary Nabiel Putra Hartoyo)


Editor: Ikhsan Fatkhurrohman Dahlan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.