Header Ads

LTPWPR 2024 Mengedukasi Anak-Anak Gajahwong Etika "Three Magic Words"

 

Panitia LTPWR 2024 berkumpul bersama anak-anak Gajahwong. (Sumber: Zaid Rizal Ismail)

Yogyakarta, SIKAP - Kegiatan Learn To Play With Public Relations (LTPWPR) 2024 telah sukses digelar oleh Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat (HM Humas) UPN “Veteran” Yogyakarta melalui dua pertemuan pada hari Sabtu, 24 & 31 Agustus 2024. LTPWPR 2024 berkolaborasi dengan Komunitas Sekolah Gajahwong di Kampung Ledhok Timoho, Yogyakarta. 

Sebagai salah satu program kerja Divisi Eksternal HM Humas, LTPWPR 2024 dilaksanakan melalui kegiatan belajar dan bermain bersama anak-anak yang bertujuan untuk berbagi ilmu serta membangun kepekaan mahasiswa terhadap kegiatan sosial. 

Event LTPWPR kali ini mengusung tema “Three Magic Words” yaitu berupa kata tolong, maaf, dan terima kasih. Tema tersebut dipilih dengan tujuan untuk membiasakan anak-anak dalam menerapkan kebiasaan dan tutur kata yang baik di kehidupan sosial sehari-hari. 

Sebagai informasi, Komunitas Sekolah Gajahwong merupakan sebuah komunitas peduli pendidikan yang mengupayakan pendidikan kontekstual dan inklusif bagi anak-anak komunitas marginal di Kota Yogyakarta.

Pada pertemuan pertama, dilaksanakan agenda bermain bersama untuk membangun suasana yang positif antara panitia dengan anak-anak sekolah. Melalui permainan yang interaktif, anak-anak tidak hanya diajak untuk bersenang-senang, tetapi juga dilatih untuk meningkatkan fokus, konsentrasi, dan kemampuan bekerja sama. 

Kemudian, pertemuan kedua LTPWPR 2024, kegiatan diisi dengan pembekalan materi “Three Magic Words”.  Materi dikemas dengan konsep storytelling yang seru dan diselingi penayangan video animasi untuk menarik perhatian anak-anak. 

Setelah pemberian materi, anak-anak pun diajak untuk melakukan social action dalam mengimplementasikan tiga kata ajaib kepada warga sekitar. Social action dilangsungkan dengan memberikan arahan kepada anak-anak untuk meminta bantuan dan pertolongan dengan menggunakan kata “tolong”, ketika melakukan kesalahan mengucapkan kata “maaf”, dan apabila mendapatkan bantuan atau sesuatu mengucapkan kata “terima kasih”. 

Usai pelaksanaan social action, kegiatan dilanjutkan dengan menghias tempat pensil sebagai bentuk oleh-oleh. Lalu, di akhir kegiatan, panitia menyerahkan hadiah kepada anak-anak yang memenangkan permainan, kemudian ditutup dengan pembuatan cap tangan di spanduk sebagai kenang-kenangan untuk Sekolah Gajahwong.

Salah seorang peserta anak-anak bernama Felisa mengatakan bahwa kegiatan ini sangat seru dan menyenangkan. Hal serupa juga disampaikan oleh peserta lain bernama Aprillia.

 “Seru sekali, tadi banyak games kegiatan favoritku ngelukis tempat pensil," jawab Aprilia. 

Sementara itu, Ketua Kegiatan LTPWPR 2024 Shandina Nandita turut mengutarakan kesannya terhadap kegiatan yang telah berlangsung.

“Semoga apa yang kita bawakan bisa bermanfaat untuk anak-anak dan juga membawa perubahan yang lebih baik bagi diri pribadi dan lingkungan di sekitar,” tutupnya. (Antonia Nismara).

 

Editor: Ikhsan Fatkhurrohman Dahlan


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.